Sunday 23 September 2018

HIPERTENSI

Apa itu hipertensi?Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi di mana kekuatan aliran dari darah terhadap dinding arteri cukup tinggi.Hampir sepertiga dari orang-orang memiliki hipertensi tidak menyadari penyakit ini dalam tubuhnya.

Jika anda belum memeriksa diri tidak tau tekanan darah anda,mintalah kepada dokter untuk memeriksanya.Semua orang dewasa sebaiknya memeriksa tekanan darah mereka sedidaknya setiap lima tahun sekali.Kekuatan tekanan darah ini bisa berubah dari waktu ke waktu,di pengaruhi oleh aktivitas apa yang sedang di lakukan jantung dan daya tahan pembuluh darah.


PENYEBAB HIPERTENSI

Faktor resiko yang membuat seseorang mengalami hipertensi di antaranya:Obesitas,terlalu banyak minum alkohol,merokok dan riwayat keluarga.Salah satu aspek yang paling berbahaya dari hipertensi adalah bahwa setiap individu tidak menyadari bahwa dirinya memiliki tekanan darah tinggi.

Resiko mengindap hipertensi dapat di kurangi dengan dapat merubah dengan hal-hal di atas dan menerapkan gaya hidup yang sehat.Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah anda mengetahui apakah anda mengalami hipertensi adalah dengan pemeriksaan tekanan darah yang teratur.Hal ini penting terutama jika kita memiliki saudara atau keturunan darah tinggi.

GEJALA HIPERTENSI

Tekanan darah tinggi atau hipertensi sering kali tidak menimbulkan gejala.Namun,pada beberapa orang dengan tekanan darah yang sangat tinggi dapat muncul gejala hipertensi berupa:
• Sakit kepala parah
• Kelelahan atau kebingungan
• Masalah penglihatan (kemungkinan komplikasi       ke retina mata)
• Nyeri dada
• Sulit bernafas
• Denyut jantung tidak teratur
• Adanya darah dalam urine(kemungkinan                 komplikasi ke ginjal)

Jika anda memiliki gejala hipertensi tersebut,segera periksa ke dokter.Tekanan darah yang tidak terkontrol mampu menyebabkan pasien mampu menyebabkan pasien jatuh ke dalam kondisi krisis hipertensi,yaitu hipertensi yang menyebabkan kegagalan organ seperti serangan jantung atau stroke.

DIAGNOSIS HIPERTENSI

Tekanan darah tinggi sering di sebut silent disease karena biasanya pasien tidak tau bahwa tubuhnya memiliki tekanan darah tinggi.Hal ini di karenakan karena penyakit hipertensi tidak menunjukkan tanda dan gejala secara kasat mata.Itulah kenapa pemantauan tekanan darah secara rutin sangat penting.

Angka tekanan darah yang ideal adalah di bawah 120/80 mmHg.Namun,hasil pengukuran dibawah 130/90 mmHg masih termasuk dalam batas normal.Tekanan darah bisa berubah-ubah.Hasil pengukuran yang tinggi dalam sekali pemeriksaan tidak Bearti anda otomatis mengindap penyakit hipertensi.

Tekanan biasanya di ukur memakai sfikmomanomete di gita,yaitu alat pengukur tekanan darah yang memakai sensor elektro dalam mendeteksi denyut anda.

HIPERTENSI DI BAGI MENJADI TIGA yaitu:

1.Hepertensi grade I

Ketika tekanan darah sistole diatasi atau sama dengan 140 mmHg,dan tekanan darah sistole di atas atau sama dengan 90 mmHg,diagnosis hipertensi grade I apabila selama dua kali pemeriksaan berturut-turut dalam rentang waktu seminggu pasien menunjukkan tekanan darah tersebut.

2.Hipertensi grade II

Ketika tekanan darah sistole di atas atau sama dengan 160 mmHg,dan tekanan darah diastole di atas atau sama dengan 100 mmHg pada satu kali pemeriksaan.

3.Krisis Hipertensi

Ketika tekanan darah sistole di atas atau sama dengan 180 mmHg dan tekanan darah diastole di atas atau sama dengan 110 mmHg.Krisis hipertensi sendiri di bagi menjadi 2:

  • Hipertensi darurat (jika terdapat kegagalan              organ vital)

  • Hipertensi urgensi (jika belum terjadi kegagalan      organ vital.

Pengobatan hipertensi

Pengobatan hipertensi yang utama adalah dengan mengubah gaya hidup.Pola hidup sehat yang dapat di terapkan ,di antaranya:

  • Olahraga teratur
  • Jaga berat badan tetap ideal
  • Batasi konsumsi garam
  • Hindari merokok

Selain itu,anda harus juga bisa menghindari stres,karena dapat menyebabkan masalah emosional,psikologis,dan bahkan fisik,termasuk penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi.Oleh karenanya,menangani stres penting di lakukan untuk menghindari hipertensi.

Setelah bisa mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat,anda juga membutuhkan beberapa obat yang dapat di gunakan untuk menurun tekanan darah.

Makanan yang bisa menurunkan hipertensi:

Diet yang dapat membantu mengontrol hipertensi adalah makanan yang kaya akan kalium,magnesium,serat dan rendah sodium.

Berikut makanan yang bisa membantu menurunkan hipertensi:

1.Sayuran hijau
2.Buah berries
3.Bit
4.Susu Akim dan yoghurt
5.Oatmeal
6.Pisang
7.Salmon,mackerel,dan ikan dengan Omega -3
8.biji-bijian
9.Bawang putih dan herbal
10.coklat hitam
11.Pistachio
12.Minyak zaitun
13.Buah DELIMA

Pencegahan Hipertensi

Dengan menjalani gaya hidup sehat,anda dapat membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran yang sehat dan menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.Gaya hidup sehat sama halnya mengobati hipertensi,di antaranya:

 • Makan diet sehat
 • mempertahankan berat badan yang sehat
 • Mendapatkan aktvitas fisik yang cukup
 • Tidak merokok
 • Membatasi penggunaan alkohol

Di siplin tinggi dalam menerapkan gaya hidup sehat akan memberikan dampak positif yang signifikan pada tekanan darah.Beberapa penderita penyakit hipertensi bahkan tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan karena karena berhasil menerapkan perubahan gaya hidup untuk menormalkan tekanan darah.





No comments:

Post a Comment