Tuesday 16 October 2018

Kanker Paru- Paru- Penyebab,Gejala dan

sekilas90-kanker paru-paru adalah suatu kondisi di mana sel-sel tumbuh seara tidak terkendali di dalam paru-paru.penyebab kanker paru-paru sering di kaitkan dengan merokok,namun keduanya tidak selalu berkaitan.lalu,seperti apa gejala dan pengobatan kanker paru?


Gejala Kanker Paru-Paru

Gejala kanker paru-paru stadium awal menunjukkan gejala batuk ,sesak nafas ,dan lendir berdarah.berdasar gejala-gejala teresebut,seringkali penderitanya mendapatkan salah diagnosis sebagai TBC atau penyakit flek paru.perawatan umum kanker paru biasanya meliputi operasi,kemoterapi atau radiasi.

Di indonesia,kanker paru menjadi penyebab kematian utama kaum pria dan lebih dari 70 persen kasus kanker paru-paru baru terdiagnosis pada stadium lanjut.Pada tahap awal,tidak ada tanda atau gejala kanker paru-paru yang jelas.

Selanjutnya,gejala kanker paru-paru bisa ditandai dengan :


  • Batuk secara berkelanjutan hingga mengalami batuk darah
  • Selalu merasa kehabisan nafas 
  • Kelelahan tanpa alasan dan
  • penurunan berat badan yang cukup drastis
Penyebab Kanker Paru-Paru 

Merokok dikatakan sebagai penyebab kanker paru-paru yang paling utama.Orang yang paling beresiko terkena kanker paru-paru di kaitkan dengan kebiasaan merokok.

Meski faktanya demikian,bukan berarti setiap perokok akan terkena kanker paru-paru.Orang ysng tidak merokok atau perokok pasif juga memiliki kemungkinan terserang kanker paru-paru meski jumlahnya lebih rendah.

Resiko terkena kanker paru yang meningkat dikaitkan dengan:

  • Durasi merokok yang cukup lama 
  • Jumlah rokok yang di konsumsisetiap hari sangat banyak
Berhentik merokok menurunkan resiko terkena kanker,bahkan resiko akan terus turun selama anda di tidak merokok.Mengurangi beberapa jumlah batang rokok saja dapat mengurangi resiko (tapi resiko akan sangat berkurang jika berhenti sepenuhnya).

Jika anda tinggal dalam perokok,anda memiliki resiko lebih tinggi terkena kanker paru di bandingkan orang yang tinggal di lingkungan yang tidak perokok.Ini sebabkan anda menjadi perokok pasif.

Paparan beberapazat lain yang dapat meningkatkan resiko kanker paru-paru,meliputi:

  • Merokok satu batang ganja dapat memengaruhi paru-paru setara dengan merokok satu bungkus rokok biasa.
  • Bahan kimia seperti arsenik dan asbes
  • Gas radon,gas kimia lembam yang merupakan produk peluruhan alami uranium.
Beberapa perubahan gen (mutasi)dapat meningkatkan resiko kanker paru-paru.Perubahan gen ini sebagian besar terjadi karena seseorang bertambah usia.Selain itu,kehadiran penyakit tertentu dari paru-paru,seperti penyakit paru obstruktifkronik (PPOK),juga di kaitkan dengan sedikit peningkatan resiko (4-6 kali resiko perokok)untuk mengalami kanker paru-paru.

No comments:

Post a Comment