Wednesday 24 October 2018

15 Bahaya Tidur Terlalu Malam (Di atas Jam 23.00)

Tidur sangat di butuhkan tubuh guna menjaga kesehatan dan kebungaran.Jangan sampai tidak memenuhi "hak"tidur malam,baik itu berupa tidak tidur malam atau pun tidur terlalu malam yaitu di atas jam 11 malam...

Hal itu karena berakibat langsung pada kesehatan tubuh,dan berefek buruk pada aktivitas (yang tidak maksimal) di keesokan harinya.

Bahkan,beberapa sumber menyebutkan,bahwa tidur terlalu malam atau pun kekurangan tidur bisa menjadi penyebab kematian mendadak.

Sehingga,masalah kurang tidur di malam hari (karena bergadang)merupakan masalah serius yang dampaknya tidak bisa di sepelekan.

Berbagai kegiatan rutin yang dilakukan,jangan sampai membuat kita tidur terlalu malam,baik itu tugas kuliah,kerjaan yang padat,bahkan nonton serial drama telvisi dan game online,jangan ini semua membuat kita melupakan waktu tidur.

Bahaya Tidur Terlalu Malam

#Konsentrasi Berkurang
Tidur malam yang dilakukan dengan baik dan tepat waktu,memiliki manfaat penting dalam mengoptimalkan memori dalam pikiran,yang membantu dalam berkonsentrasi.

Sehingga sering tidur terlalu larut malam (yang berimbas pada kurang tidur atau pun yang bangun kesiangan) berakibat pada penurunan drastis tingkat konsentrasi,penurunan kemampuan kemampuan menalar,penurunan kewaspadaan,penurunan kemampuan dalam memecah.

Masalah-masalah tersebut akhirnya menjadikan proses belajar menjadi lebih sulit dan beraktivitas secara umum akan terganggu.

Jika seseorang kekurangan tidur maka akan mengalami kesulitan dalam mengingat hal-hal yang sebenarnya sudah sering alami pada siang hari.

Masalah dapat semakin parah jika melakukan hal-halburuk,seperti meletakkan HP di bawah bantal saat tidur,lampu tetap menyala saat tidur ,dsb.

#Jam Biologis Terganggu 
Jam biologis tubuh bisa di katakan "tugas otak"dalam mengatur selera makan,jadwal tidur,dan suasana hati (mood) seseorang.

Akibat sering tidur terlalu malam,mengakibkan otak kesulitan untuk membagi tugas dalam mengontrol semua hal tersebut,sehingga jam biologis menjadi kacau,yang bisa berefek buruk pada kondisi fisik serta mental.

#Obesitas
Hormon pengendali nafsu makan bisa bermasalah akibat tidur terlalu malam,selain itu tidur terlambat tentunya akan meningkat keinginan untuk ngemil..dimana kebiasaan ngemil di malam hari kurang menyehatkan.

Orang yang sering tidur larut malam,bukan hanya nafsu makannya saja yang terangsang,selain itu muncul hasrat berlebihan untuk menyantap berbagai jenis makan,yang tidak terkontrol,utamanya makanan tinggi lemak atau tinggi karbohidrat.

Hasil sebuah peneliti yang di lakukan pada tahun 2004,menemukan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari enam jam cenderung menjadi lebih gemuk  bahkan obesitas,di bandingkan orang-orang yang tidur cukup (dan tidur tepat waktu).

#Menurunkan GairahSeksual
Tingkat libido dan gairah seksual pada pria maupun wanita dapat menuru karena jadwal tidur yang tidak baik,atau karena tidur yang terlalumalam.

di mana kadar testosteron memiliki peran dalam mendorong libido seks seseorang.

Para ahli juga banyak yang mengatakan bahwa pria mau pu wanita yang sulit tidur memiliki tingkat libido yang sangat rendah,yang cenderung mengurangi gairah seks.


No comments:

Post a Comment